Sabtu, 23 Oktober 2010

"Ragnarok Online 2 : Legend of the Second"

Mungkin banyak suara-suara macam ini begitu dengar soal Ragnarok Online 2..
What the heck?? Game cacad tu, Kk! Zzz berita basi tu. Ke mana aja lu? Hah-RO 2-ada ya?”
dsb. dst. dll.
Kalau komentar di atas maksudnya tentang Ragnarok II: Gate of the World (RO2: GotW), sorry for disappointing you, Guys. Lupakan soal game itu, soalnya Gravity sedang merampungkan proyek Renewal RO 2. Ini bener-bener game yang sama sekali baru. So, here it comes:
Ragnarok Online 2: Legend of the Second

Ragnarok Online 2: Legend of the Second (RO2:LotS)
Yupz, seperti yang saya bilang, RO2:LotS merupakan renewal dari RO2:GotW, berupa game yang baru sama sekali. Kalau RO2:GotW sama sekali tidak mirip RO, RO2:LotS justru merupakan lanjutan game RO kita tersayang. Meski demikian, konsep game yang berupa 3D tetap dipake. Tapi, karena di Korea sendiri close beta test baru diadakan tanggal 31 Agustus 2010, saya cuma bisa kasih overview hasil comot sana sini. Silakan dinikmati.
Novice itu lucu, tapi sayang di sini ga ada...
/omg “Whaaatt??? Ga ada nopis kk? Ga ada lagi dunk char kecil cupu imut-imut
Buat para pecinta nopis imut di RO1, sabar dulu. Memang di RO2:LotS ngga bakal ada starter job macem novice. Nantinya player akan langsung diberi kebebasan memilih 1 dari 5 job sejak awal, yaitu Swordsman, Acolyte, Archer, Mage, dan Thief. Novice direncanakan ada sebagai sebuah job all-around alias Jack-of-all-trades, tapi hanya bisa didapat lewat skenario quest. Oya, RO2:LotS meneruskan tradisi RO1, menggunakan single race system, artinya ras yang bisa dimainkan hanya satu, manusia.
Emang ada yang pengen mainin Orc di RO? /gg
Choose Your Own Path: Chaos or Order
/hmm “Job lanjutannya gimana, Kk? Ada job 2 sama job 3 juga?”
Tentu saja job 2 ada. Nanti setelah player mencapai level 15 atau 20, player bisa memilih job lanjutan, semacam job 2-1 dan job 2-2. Ini list job-job yang udah dikonfirmasi:

SWORDSMAN

ACOLYTE

ARCHER

MAGICIAN

THIEF

Chara System
Yang paling menarik, Gravity mengganti job 3 dengan Chara System. Chara yang dimaksud adalah karisma (Charisma). Setelah berubah jadi job 2, player bisa mendapat poin charisma ‘Order’ atau ‘Chaos’ lewat battle atau quest. Setelah mencapai poin tertentu, player akan mendapat skill lanjutan yang berbeda, bahkan class/job lanjutan yang berbeda dari class/job sebelumnya. Misal, job Warrior, kalau dia mengumpulkan poin charisma ‘Chaos’, maka dia akan berubah menjadi semacam Dark Warrior, sedangkan kalau mengumpulkan poin ‘Order’, dia akan berubah menjadi semacam Light Warrior. Meski demikian, player bisa berubah ke jalur sebaliknya dengan mengumpulkan poin lagi. Misalnya, ada Dark Warrior pengen tobat dan jadi Light Warrior, maka dia harus mengumpulkan lagi pon ‘Order’ biar bisa berubah jadi Light Warrior. Selain memilih menjadi ‘Order’ atau ‘Chaos’, player juga bisa tetap menjaga supaya dia tetap sebagai karakter netral, dengan mengumpulkan dua poin sekaligus. Karakter yang memilih jalur Neutral juga bakal punya keunggulan sendiri.
Dual Life System, Ga Online juga Dapat Duit /$
“Tunggu dulu kk! Ga ada job merchant ato blacksmith ato alchemist, trus nanti yang dagang atau nempa sama bikin pot siapa dunk?”
Sabar kk. RO2:LotS memperkenalkan yang namanya Dual Life System.


Nanti, player juga bisa memilih satu dari job ini sebagai pendukung (semacem subjob) dan penghasil duit. Jobnya yang udah dikonfirm: Blacksmith, Tailor, Doctor/Alchemist, dan Cook/Chef (4 job lagi bakal menyusul). Jadi, selain memilih job utama sebagai battle-job, player bisa memilih life job buat penghasilan dan skill pendukung. Misalnya Swordsman+Blacksmith, Swordsman+Tailor, Swordsman+Doctor, atau Swordsman+Cook. Life job juga bakal puna skill-skill yang bisa dipakai mendukung pada waktu battle, misalnya Swordsman+Blacksmith bisa pake skill Loud Voice punya Blacksmith buat naikin attack power waktu battle sebagai Swordsman. Tapi player tidak bisa ganti dari main job ke life job di tengah pertarungan, harus menunggu setelah battle selesai. Life job juga tetap bisa dipakai buat battle, tapi punya keterbatasan pada senjata yang bisa dipake atau skill dari main job yang bisa dipake.
Pemain juga dapat mendesain sendiri penampilan dengan menambahkan parts pakaian, tapi desain terbatas dengan ada nya R-Rated clothes. Sistem pakaian bukanlah “skin”, jadi apa yg char mu pakai bisa dilihat orang lain.
Selain Dual Life System, rencananya juga bakal ada NPC System. Di sini, player yang sudah log out, karakternya akan berubah jadi NPC dan menjalankan fungsi life job. Misal, dengan memilih life job Blacksmith, setelah player log out karakter akan jadi NPC yang bisa didatangi orang buat nempa, bikin senjata, atau jasa lain. Bahan bisa disediakan sendiri atau disediakan pelangganmu. Jadi, sekalipun udah log out, lapak bisa tetep buka.
/money /hgr
Dibuang Sayang, Yang Lama Didaur Ulang
“Game baru gini bakal sama ga cara mainnya kaya RO lama?”
Beberapa fitur lama dari RO1 tetep dibawa, biar nyawa dari RO tetep ada. Contohnya, card system tetep ada. Cuma, card tidak lagi dipasang di equipment, tapi di dalam karakter. Ini biar player tidak menggunakan equipment level rendah cuma buat ngejar slot di kartu. Senjata tetap akan jadi senjata, dengan sistem pengembangan sendiri. Card jadi semacam aksesoris buat karakter.
Fitur lain yang masih dipertahankan adalah Kafra. Ada beberapa staf Kafra lama yang bakal nongol di RO2:LotS.
Cute Pet juga tetap akan dipakai dan kemampuan ngasih penambahan stat saat tingkat intimasi naik masih tetap dipakai. Tapi masih belum direncanakan bisa ikut nyerang monster atau tidak.
Monster-monster khas RO1 juga tetap dipertahankan. Di beberapa screenshot ada bentuk 3D dari Poring, Lunatic, Roda Frog, dan Sea Otter.
Tapi untuk pendistribusian status sepertinya akan ada perubahan besar. Setiap naik level, Status akan naik secara otomatis (auto-stats). Ini masih banyak diprotes, apakah ini bakal memudahkan pemain atau justru mengurangi munculnya berbagai build.

Well, banyak perubahan besar, kemungkinan, keuntungan, dan kontroversi. Tapi karena ini masih tahap close beta, kemungkinan bakal ada perubahan lagi. Kita tunggu saja hasil close beta test dan SS dari luar negeri. Sekian overview dari saya, semoga membantu /no1

0 komentar:

Posting Komentar